sampel tanah



SAMPEL TANAH 


Tanah (bahasa Yunani: pedon; bahasa Latin: solum) adalah bagian kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik. Tanah sangat vital peranannya bagi semua kehidupan di bumi karena tanah mendukung kehidupan tumbuhan dengan menyediakan hara dan air sekaligus sebagai penopang akar. Struktur tanah yang berongga-rongga juga menjadi tempat yang baik bagi akar untuk bernafas dan tumbuh. Tanah juga menjadi habitat hidup berbagai mikroorganisme. Bagi sebagian besar hewan darat, tanah menjadi lahan untuk hidup dan bergerak.
  • Ilmu yang mempelajari berbagai aspek mengenai tanah dikenal sebagai ilmu tanah.
  • Dari segi klimatologi, tanah memegang peranan penting sebagai penyimpan air dan menekanerosi, meskipun tanah sendiri juga dapat tererosi.
  • Komposisi tanah berbeda-beda pada satu lokasi dengan lokasi yang lain. Air dan udara merupakan bagian dari tanah.
                                                                         
Tanah berasal dari pelapukan batuan dengan bantuan organisme, membentuk tubuh unik yang menutupi batuan. Proses pembentukan tanah dikenal sebagai [pedogenesis]. Proses yang unik ini membentuk tanah sebagai tubuh alam yang terdiri atas lapisan-lapisan atau disebut sebagai horizon tanah. Setiap horizon menceritakan mengenai asal dan proses-proses fisika, kimia, dan biologi yang telah dilalui tubuh tanah tersebut.


Warna tanah merupakan ciri utama yang paling mudah diingat orang. Warna tanah sangat bervariasi, mulai dari hitam kelam, coklat, merah bata, jingga, kuning, hingga putih. Selain itu, tanah dapat memiliki lapisan-lapisan dengan perbedaan warna yang kontras sebagai akibat proses kimia (pengasaman) atau pencucian (leaching). Tanah berwarna hitam atau gelap seringkali menandakan kehadiran bahan organik yang tinggi, baik karena pelapukan vegetasi maupun proses pengendapan di rawa-rawa. Warna gelap juga dapat disebabkan oleh kehadiranmangan, belerang, dan nitrogen. Warna tanah kemerahan atau kekuningan biasanya disebabkan kandungan besi teroksidasi yang tinggi; warna yang berbeda terjadi karena pengaruh kondisi proses kimia pembentukannya. Suasana aerobik/oksidatif menghasilkan warna yang seragam atau perubahan warna bertahap, sedangkan suasana anaerobik/reduktif membawa pada pola warna yang bertotol-totol atau warna yang terkonsentrasi..
Tubuh tanah terbentuk dari campuran bahan organik dan mineral. Tanah non-organik atau tanah mineral terbentuk dari batuan sehingga ia mengandung mineral. Sebaliknya, tanah organik (organosol/humosol) terbentuk dari pemadatan terhadap bahan organik yang terdegradasi.
Tanah organik berwarna hitam dan merupakan pembentuk utama lahan gambut dan kelak dapat menjadi batu bara. Tanah organik cenderung memiliki keasaman tinggi karena mengandung beberapa asam organik (substansi humik) hasil dekomposisi berbagai bahan organik. Kelompok tanah ini biasanya miskin mineral, pasokan mineral berasal dari aliran air atau hasil dekomposisi jaringan makhluk hidup. Tanah organik dapat ditanami karena memiliki sifat fisik gembur (sarang) sehingga mampu menyimpan cukup air namun karena memiliki keasaman tinggi sebagian besar tanaman pangan akan memberikan hasil terbatas dan di bawah capaian optimum.
Tanah non-organik didominasi oleh mineral. Mineral ini membentuk partikel pembentuk tanah. Tekstur tanah demikian ditentukan oleh komposisi tiga partikel pembentuk tanah: pasir, lanau (debu), dan lempung. Tanah pasiran didominasi oleh pasir, tanah lempungan didominasi oleh lempung. Tanah dengan komposisi pasir, lanau, dan lempung yang seimbang dikenal sebagai geluh (loam).

Istilah tanah telah diberikan beberapa takrifan.  Tanggapan terhadap tanah bergantung kepada bidang profesion atau disiplin seseorang.  Jika dilihat daripada aspek kejuruteraan, tanah ditakrifkan sebagai sebarang endapan lembut atau yang longgar yang wujud secara semulajadi, yang menjadi sebahagian daripada kerak bumi, dan terhasil daripada luluhawa atau keruntuhan bentukan batu-batan atau daripada
reputan tumbuh-tumbuhan (British Standard Institution, 1967).

Sifat penting tanah sebagai bahan semulajadi adalah horizon atau lapisan yang menunjukkan kesan atmosfera ke atas bahan yang diluluhawakan. Sebagai contohnya lumut-lumut akan hidup pada permukaan batu yang gondol, tetapi jika pendedahan kepada udara begitu lama batu-batu itu akan diluluhawakan. Tumbuhan akan menjadi 2 lebih kompleks dan akhirnya dapat menolong membentuk horizon tanah. Ahli pedologi menamakan lapisan tanah sebagai horizon bagi membezakan Lapisan itu daripada lapisan mendapan.  Definisi tanah terbaik ialah hasil yang terakhir daripada tindak balas beberapa faktor dan proses pembentukannya ke atas batuan di dalam sesuatu kawasan.

Sampel tanah terbagi menjadi dua kategori utama yaitu sampel yang terganggu dan sampel yang tidak terganggu. Sampel tanah tersedia dari beberapa metode pensampelan. Metode pensampelan tersebut adalah pensampel tabung terbuka, sendok pisah standar, tabung dinding tipis, dan pensampel piston. 


Sampel tak terganggu. 

Sampel tidak terganggu adalah sampel tanah yang diambil dengan kondisi gangguan yang paling minimal untuk mempertahankan kondisi sebenarnya situs tersebut. Ia harus disimpan dalam wadah kedap udara dan perawatan yang lebih rapi. Biasanya sampel tanah ini digunakan untuk tes geser, tes permeabilitas dan ujian pengukuhan. 

Sampel tidak terganggu yang diperlukan untuk kekuatan geser dan pengukuhan diterima menggunakan teknik yang bertujuan mempertahankan struktur di situ dan konten air tanah. Dalam lubang jara, sampel tak terganggu dapat diperoleh dengan mengeluarkan alat penjaraan (kecuali bila gerimit estafet-terus berbatang geronggong digunakan) dan memacu atau menolak masuk tabung sampel ke dalam tanah di dasar lubang. Bila tabung dinaikkan ke permukaan, sedikit tanah disingkirkan bila kedua ujungnya dan selapisan tipis lilin cair dioleskan, untuk membentuk steker setebal sekitar 25mm. 

Misalnya, di dalam kasus tanah liat, pengampulan terjadi di samping dasar lubang jara karena berkurangnya tegasan jumlah bila tanah dikeluarkan dan gangguan struktur yang dihasilkan oleh tindakan alat penjaraan. Bila sampel ini dikeluarkan dari bumi, tegasan jumlah merosot ke nol. 

Tanah liat yang lembut sangat peka ke gangguan pensampelan, pengaruhnya lebih signifikan untuk tanah liat berkeplastikan rendah dibandingkan dengan yang berkeplastikan tinggi. Bagian tengah inti sampel tanah liat lembut kurang mengalami gangguan dibandingkan dengan bagian luarnya yang bersebelaham tabung sampel. 

Setelah pensampelan selesai dilakukan, tekanan air liang di dalam inti yang agak tak terganggu akan menjadi negatif disebabkan oleh tegasan jumlah di situ yang dilepaskan. Pengumpulan akan terjadi kepada teras yang agak tak terganggu ini secara perlahan - lahan. Fenomena ini disebabkan oleh air yang tersedot dari area luar inti yang terganggu. Ini menghasilkan pelepasan tekanan negatif air yang berlebihan. Area luar tanah akan terkukuh hasil dari agihan kembali air dalam sampel. Pelepasan tekanan negatif air liang akan diikuti oleh pengurangan tegasan efektif yang sesuai. Struktur tanah sampel tidak akan dapat menahan geser dan menjadi kurang tegar dibandingkan dengan tanah di situ. 

Sampel Terganggu. 

Sampel terganggu adalah tanah yang diambil tanpa melihat kondisi sebenarnya tanah itu di situs bina.Biasanya tanah ini digunakan untuk tujuan klasifikasi dan densitas tanah. Ini disimpan dalam wadah yang kedap udara untuk menghindari dari terjadinya pengembunan dan perubahan warna. 

Sampel terganggu adalah sampel yang memiliki agihan ukuran partikel yang sama seperti tanah di situ, tetapi struktur tanah telah rusak atau hancur sama sekali. Selain itu konten airnya mungkin berbeda dari tanah di situ. Sampel terganggu yang digunakan terutama untuk tujuan pengujian klasifikasi tanah, klasifikasi pandang dan tes pemadatan, dapat dikorek dari lubang tes dan diterima dari alat yang dipasang ke driver lubang jara (misalnya dari gerimit atau pemotong tanah liat). 

Tanah yang diambil dari shell menggunakan Pemboran tukul tersedia kekurangan bahan halus dan tidak cocok sebagai sampel terganggu. Sampel yang masih mempertahankan isi airnya harus disimpan dalam wadah kedap udara dan tak mengakis.Semua bekas harus diisi penuh untuk menghindari ada ruang udara di atas sampel. 

Semua sampel harus berlabel dengan jelas untuk menunjukkan nama proyek, tanggal, lokasi, nomor lubang jara, kedalaman dan metode pensampelan. Selain itu, setiap sampel harus diberi nomor seri.Pengawasan yang rapi diperlukan saat mengelola, mengangkut dan menyimpan sampel (terutamamnya sampel tak terganggu) sebelum diuji 


METODE PENSAMPELAN.
 

Pensampelan Tabung terbuka.
 

Pensampelan tabung terbuka terdiri dari sebuah tabung baja yang memiliki bebenang sekrup di kedua ujungnya. Satu kekasut pemotong dipasang di satu ujung tabung, sementara ujung lainnya dipasang ke kepala pensampel yang dihubungkan ke rod penjara. Kepala pensampel memiliki katup satu arah yang memungkinkan udara dan air keluar saat tanah memenuhi tabung dan menolong menahan sampel bila tabung ditarik. Bagian dalam tabung seharusnya dipertahankan dalam keadaan bersih. 

Tepi pemotong seharusnya memiliki garis pusat internal (de) sekitar!% Lebih kecil dari garis pusat tabung untuk mengurangi rintangan gesekan antara tabung dan sampel. Perbedaan ukuran juga memungkinkan sampel mengalami pengembangan penerjun saat memasuki tabung dan menolong menahan sampel.Garis pusat eksternal kekasut pemotong (dw) pula seharusnya besar sedikit dari tabung untuk mengurangi daya yang diperlukan untuk menarik keluar tabung itu. Volume tanah yang dianjak oleh pensampel sebagai bagian dari volume sampel digambarkan oleh rasio luas (Ar), pensampel dengan 

Ar = d 2 w - d 2 c 
d 2 c
 

Rasio luas biasanya dinyatakan sebagai peraturan. Jika faktor - faktor lain tidak beruntung, maka semakin rendah rasio semakin rendah juga derajat gangguan sampel. 

Pensampel dapat dipacu secara dinamis menggunakan beban jatuh, atau secara statis menggunakan bicu hidraulik atau mekanik, yang biasanya dipasang pada rig penjaraan. Sebelum kerja pensampelan dimulai, tanah yang longgar harus disingkirkan terlebih dahulu daripad dasar lubang jara. Pengawasan yang teliti haruslah ada untuk memastikan bahwa pensampel tidak dipacu, jika tidak sampel akan terkompresi di kepala pensampel .. Ada beberapa pensampel yang memiliki ruang lebih pacu di bawah katup untuk melindungi sampel dari kerusakan. Setelah selesai pacuan, kekasut pemotong dan kepala pensampel ditanggal dan kedua ujung disegel. Tabung sampel yang paling banyak digunakan memiliki garis pusat internal 100mm dan panjang 450mm, rasio luas sekitar 30%. 

Pensampel ini sesuai untuk semua tanah liat. Bila digunakan untuk memperoleh sampel pasir, satu tabung pendek penangkap inti dengan ridip berbeban pegas harus diinstal di antara tabung dengan kekasut pemotong untuk menghindar tanah dari keluar. 

Sendok PISAH standar. 

Sendok pisah standar terdiri dari satu alat pasak kekasut baja di bagian bawah, tabung baja di bagian tengah dan alat duplikat di bagian atas. Tabung baja memiliki diameter dalam dan eksternal masing - masing adalah 34.93 mm dan 50.8 mm. 

Bila penjaraan dibuat pada kedalaman yang diinginkan, alat pengorek atau gerudi dikeluarkan, pensampel Sudu Pisah terhubung ke rod penggerudi dan kemudian diturunkan kembali hingga ke tingkat penjaraan. Pensampel dipasak Akses dalam tanah oleh benturan tukul yang dibuat di atas rod penggerudi. 

 
Pensampel berdinding tipis 
-Digunakan utuk tanah ynag peka kepadaa gangguan, contohya tanah liat lembut dan 
kelodak plastik. 
-Pesampel ini tidak mempuyai kekasut pemotog yang terpisah, sebaliknya ujung tabung 
sendiri merupakan pinggir pemotong. 
-Dipacu dengan tangan 

Pensampel tong pisah 
-Terdiri dari satu tabung yang dipisahkan secara membujur ke 2 bagian yaitu 
kekasut dan kepala pensampel ysng memiliki liang pembuka udara di ujungnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.